Skip to content

Hari pertama Apple Developer Academy Indonesia

Hari ini, tanggal 25 Juni 2018 adalah hari pertama kelas Apple Developer Academy. Dilaksanakan di gedung Green Office Park 9, Tangerang, Banten. Apa aja yang dilakukan dihari pertama ini? Sebentar lagi aku ceritakan detilnya.

Basa-basi

Pepatah tua mengatakan,

“Tak kenal maka tak sayang.”

Tangerang hujan deras dari semalam. Sempat terjebak di antara emperan toko dan tukang sate. 2 jam, mungkin 3 jam hujan tak kunjung reda. Sedangkan pagi ini tidak boleh terlambat. Nekat menembus hujan, membeli jas hujan plastik 10 ribuan. Dan di tengah perjalanan pulang, hujan pun reda. Rugi dah beli jas hujan πŸ˜…

Sisa-sisa hujan masih terasa di sepanjang pagi. Hujannya awet. Suasananya jadi teduh, dingin. Sambil pesan Go-Ride, aku bersiap. Sesampainya di lokasi, ternyata ada satu orang yang datang lebih pagi. Karena ruangannya belum dibuka, kita menunggu di ruangan sebelah. Sambil ngobrol, saling kenalan. Datang satu orang lagi bergabung, kenalan lagi. Dan datang beberapa orang lagi, dan kenalan lagi.

Dari perkenalan singkat itu, aku bisa tau ada beberapa orang yang tidak punya background di tech sama sekali, ada yang owner sebuah perusahaan, ada yang baru lulus sekolah, lulus kuliah. Bahkan ada yang ikut program ini sambil kuliah. Jadi dari jam 9 pagi sampai 1 siang di GOP 9, sorenya kuliah. Salut sama kegigihan kamu anak muda! Semoga sukses selalu. Dan aku bisa tau kalau peserta program ini dari berbagai kota di Indonesia. Ada yang dari Pekanbaru – Riau, ada yang dari Medan, Purwakarta, Bandung, Malang, dan lainnya.

Apple Developer Academy Student

Sebentar lagi acara akan dimulai. Peserta sudah dipanggil untuk memasuki ruangan. Kami mengantri membentuk dua barisan. Dua orang masuk secara bergantian untuk absen dan mengambil name tag, dan langsung menuju meja yang sudah disediakan. Cukup lama, karena menunggu hingga semua peserta memasuki ruangan dan acaranya pun dimulai. Mendengarkan wejangan dari para panitia dan senior. Menarik, memotivasi. Dan yang terpenting adalah beberapa peraturan yang harus dipatuhi oleh semua peserta. Terutama komitmen. Salah satu bentuk komitmen peserta adalah dengan selalu hadir dalam setiap kegiatan. Hanya ada 9 kali kesempatan “bolos” selama 9 bulan. Dari kurang lebih 900 orang yang mendaftar, hanya 200 orang yang diterima. Jadi pastikan kalian punya komitmen itu sebelum apply. Karena kalau tidak, lebih baik kesempatan ini diberikan untuk salah satu dari 700 orang lainnya.

Apple Developer Academy Device

Masuk ke menu utama hari ini. Pembagian device. Ada 2 perangkat yang dipinjamkan oleh pihak Apple untuk dapat melaksanakan program ini dengan baik. Iya, dipinjamkan. Dipinjamkan untuk dipergunakan dengan sebaik-baiknya ya, jangan dirusakin, apalagi dihilangin. Rawat seperti milik sendiri. Dan apa saja perangkatnya? Ada Macbook Pro 2017 15 inci, 2,8GHz Intel Core i7 dengan RAM 16GB dan iPhone X 64GB. Oiya, ada leather case juga untuk iPhone X.

Nah bagaimana? Tertarik untuk ikut? Sudah programnya gratis, dipinjamkan laptop dan HP untuk develop aplikasi, bahkan diberikan uang transport sebesar 1,8 juta (gross) per bulan. Nyesel ga ikut? Buruan apply! Lihat link-nya di sini.

Langkah awal

Pepatah tua mengatakan,

“Perjalanan 1000 mil dimulai dari 1 langkah kecil.”

Ini hanya permulaan. Seperti sesi terakhir hari ini. Spaghetti Tower. Di sesi ini, kita dibagi per kelompok, dan masing-masing kelompok harus bekerja sama untuk membuat menara setinggi-tingginya hanya dengan menggunakan beberapa batang Spaghetti dan isolasi kertas dalam waktu 10 menit. Komunikasi mutlak diperlukan. Koordinasi jadi ujung tombak. Satu batang dan satu batang lainnya direkatkan untuk menjadi pondasi. Detik-detik terakhir, waktu hampir berhenti. Kelompok kami berhasil membangun menara yang paling tinggi. Iya, paling tinggi.., sebelum akhirnya terjatuh.. Gemuruh tawa memenuhi ruangan. Tapi kita sama-sama tau, ada pelajaran di balik kegagalan ini.

Besok mulai lagi belajar dengan hal yang baru. Aku harap kalian juga begitu. Dan semoga yang terbaik menyertai kita!!

Published inApple Developer Academy

57 Comments

  1. Diah Diah

    Wahhhhhh saya sempat ikut program ini tapi tidak diizinkan orang tua karena jauh….
    Senang sekali bisa melihat bli share pengalamannya bli…

  2. Andy Andy

    Hai kak, Kayanya keren banget ya!
    Kalau dari luar kota, apakah disediakan mess atau kost?
    Lalu apakah harus fasih bahasa Inggris saat wawancara?
    Thank you 😁

    • omrobbie omrobbie

      * Sayang sekali akademi tidak menyediakan mess atau kos.
      * Sepertinya tidak harus fasih bahasa Inggris, karena banyak fasilitator orang Indonesia.

  3. Andy Andy

    Oh ya 1 lagi, menurut pengalaman kakak, apakah memungkinkan kita berbisnis atau bekerja sambil mengikuti apple academy?

    • omrobbie omrobbie

      Memungkinkan.

    • Kazzam Kazzam

      Ada kelas malamnya ga kak?

      • omrobbie omrobbie

        Tidak ada kelas malam. Walaupun begitu, ruangan tetap buka sampai malam.

  4. Andy Andy

    Menurut pengalaman kakak, apakah memungkinkan kita berbisnis atau bekerja sambil mengikuti apple academy?

    • omrobbie omrobbie

      Memungkinkan.

  5. Wahyu stiawan Wahyu stiawan

    Selamat malam om!

    Saya ada pertanyaan tentang akademi ini.
    Untuk ikut akademi ini apakah harus lulusan kuliah?
    Dan untuk ikut akademi ini persyaratan nya apa saja?
    Tolong kasih tipsnya biar bisa diterima di akademi ini πŸ˜€

    Terima kasih

    • omrobbie omrobbie

      * Peserta di sini ada juga koq yang sambil kuliah, jadi sepertinya ga masalah.
      * Harus bisa “baca”. Karena poin-poinnya sudah mereka infokan.
      * Tipsnya? Apply, ikut tesnya, jaga komitmenmu.

  6. A Darmawan A Darmawan

    Terimakasih sudah berbagi. Kebetulan lusa bakal ikut test tertulisnya di Surabaya. Pengalamannya kemarin tpa seperti biasa atau ada materi yg beda ya? Bagi saran dan tipsnya boleh? Sukses ya.

    • omrobbie omrobbie

      Semoga sukses dengan tesnya ya. Bakal jadi cohort pertama di Surabaya? Sukses selalu πŸ˜πŸ‘

  7. bryan bryan

    Hi! Saya tertarik untuk ikutan apple developer academy. Tapi saya ingin tahu,
    1. Apakah tes masuknya susah?
    2. Apa ada interview dan lain sebagainya?

    • omrobbie omrobbie

      1. Tesnya susah? Relatif sih ini.
      2. Apakah ada interview? Ada.

      Yang penting apply dulu aja.

  8. Rayha Septian Rayha Septian

    Keren broπŸ‘
    Orang pengangguran kaya gue begini bisa ikut ga ya bro? Gue ga bisa bahasa Inggris soalnya bro. Tapi pengen bisa banget jadi developer iOS.

    • omrobbie omrobbie

      Hubungannya pengangguran dengan bahasa Inggris apa ya? 😁 Tapi semoga sukses dengan cita-citanya menjadi iOS Developer. Semangat πŸ’ͺπŸ€ͺ

  9. IRFAN MIRANDA P IRFAN MIRANDA P

    Kak, kalo prepare your motivation letter 500 word itu gimana ya kak? Kayak surat lamaran atau alasan kita ingin masuk apple acadamy?

    • omrobbie omrobbie

      Lebih ke harapan apa yang kita inginkan saat menjadi bagian dari Apple Developer Academy.

  10. fajar fajar

    Mau tanya bang.
    1. Untuk surat motivasi apakah harus bahasa inggris? Itu yang ada di form pendaftaran di isi nya pakai bahasa Inggris semua atau bisa bahasa Indonesia bang?
    2. Dan misal saya daftar untuk di BSD dan Surabaya secara bersamaan apakah bisa?

    Terima kasih.

    • omrobbie omrobbie

      1. Sebaiknya menggunakan bahasa Inggris, karena di form tertulis Motivation Letter bukan Surat Motivasi. #eh
      2. Akademi di BSD dipengang oleh Universitas Bina Nusantara, sedangkan akademi di Surabaya dipegang oleh Universitas Ciputra. Sudah beda kampus, seharusnya ga masalah. Tapi aku jadi pengen tanya, sebenarnya kamu mau masuk ke BSD atau Surabaya? Ga sekalian daftar di Italy dan Brazil juga? Hehe..

      Semoga berhasil ya!

  11. Jennifer Jennifer

    Selamat pagi omobbie. Saya mau tanya.
    1. Kalau misalnya dalam melakukan tes (di sesi Teknologi), apakah kita harus memahami bahasa pemrograman tertentu atau tidak?
    2. Kalau masa Apple Developer Academy sudah berakhir, apakah kita harus langsung kerja sebagai iOS Developer atau posisi lain?

    Thank you πŸ™‚

    • omrobbie omrobbie

      Selamat pagi juga Jennifer πŸ‘‹

      1. Apakah harus memahami bahasa pemograman tertentu? Ada baiknya kita pernah mempelajari salah satu bahasa pemograman. Tapi kalau tidak pun, setidaknya kita memahami algoritma, karena yang dites itu kurang-lebih logika berfikirnya.
      2. Apakah akan kerja sebagai iOS Developer? Ini tergantung kamunya. Bisa jadi kamu yang sebelum bergabung adalah programmer, namun setelah mengikuti proses belajar ternyata kamu minatnya di Design, bisa jadi kamu nanti memilih pekerjaan sebagai UI/UX Designer.

      Terima kasih, dan semoga beruntung ya πŸ™‡β€β™‚οΈ

  12. Andreas Andreas

    omrobbie, kerjaannya selama di akademi ngapain aja?
    Kalau misalnya tidak punya skill coding, bagaimana?

    • omrobbie omrobbie

      Selamat pagi Andreas πŸ‘‹

      1. Apa sih yang dikerjakan selama di akademi? Belajar. Banyak hal yang bisa kita eksplorasi. Jika menemukan kesulitan, apapun itu, tanyakan pada mentor di sana, mereka siap membantu.
      2. Bagaimana kalau tidak punya skill coding? Yang penting punya skill untuk kolaborasi. Karena saat tim kewalahan, kamu harus siap terjun langsung untuk membantu apa yang bisa kamu bantu.

      Semoga menjawab ya πŸ™‡β€β™‚οΈ

  13. Airin Airin

    omrobbie, apakah yang ikut program ini harus memiliki latar belakang IT?
    Apabila tidak memiliki latar belakang IT sama sekali bagaimana?

    • omrobbie omrobbie

      Selamat pagi Airin πŸ‘‹

      Apakah yang ikut akademi ini harus anak IT? Tidak harus. Akademi ini tujuannya untuk mengembangkan 3 skill, yaitu; Coding, Design, dan Business. Jadi, kalau kita tidak punya latar belakang IT pun itu tidak akan jadi masalah. Bahkan saat di akademi nanti kamu bisa saja bertukar peran. Misal, kamu yang tadinya programmer bisa mencoba untuk bantu desain. Dengan begitu kita jadi punya pandangan atau cara berfikir Designer.

      Coba bayangkan saat di dunia kerja, kita dapat tugas untuk mengkonversi UI Design yang mustahil. Kita yang sebagai programmer bisa memberikan masukan pada Designer tentang aturan layout pada iOS misalnya. Jadi kita tidak akan menuduh orang Design itu malas, seenaknya, dan lain-lain, karena kita pernah berkesempatan untuk ada di posisi mereka.

      Semoga menjawab ya πŸ™‡β€β™‚οΈ

  14. Alvin Al-Qawi Alvin Al-Qawi

    Jujur ya omrobbie, ini alasan untuk masuk ke Apple Developer Academy harus banget dijawab pake Bahasa Inggris ya?

    • omrobbie omrobbie

      Selamat pagi Alvin πŸ‘‹

      Apakah menulis Motivation Letter harus pakai Bahasa Inggris? Ini sudah ketentuan dari akademi sih. Jadi akan sama aja seperti kita protes kenapa kerja harus pakai seragam πŸ˜….

      Bercanda ya bro! Semoga lolos Motivation Letter-nya πŸ™‡β€β™‚οΈ

  15. Fadiyah Mariani Fadiyah Mariani

    Halo omrobbie! Jujur saya langsung tertarik saat pertama kali mendengar tentang program Apple Developer Academy waktu baru diresmikan di Indonesia (saat itu saya masih kelas 2 SMA) dan sebentar lagi saya akan lulus sekolah, saya bermaksud untuk mengikuti program tesebut, tapi apakah orang yang tidak punya basic IT sama sekali bisa masuk ke program ini?

    • omrobbie omrobbie

      Selamat pagi Fadiyah πŸ‘‹

      Apakah yang tidak punya basic IT bisa masuk ke program ini? Bisa. Pertanyaan ini sering sekali ditanyakan. Asumsiku sih, mungkin karena di namanya ada kata Developer-nya. Tapi jangan khawatir, coba saja, karena sudah terbukti ada banyak orang yang bukan dari IT bisa bergabung di akademi ini.

      Semoga menjawab ya πŸ™‡β€β™‚οΈ

  16. Lince Ria Sitohang Lince Ria Sitohang

    Hallo omrobbie, benefit apa sajakah yang omrobbie dapat dari Apple Developer Academy Indonesia ini?

    • omrobbie omrobbie

      Selamat pagi Ria πŸ‘‹

      Benefit apa yang didapat dari akademi? Network. Iya, as simple as that. Aku dulu ga pernah bayangin punya teman “orang dalam” di perusahaan besar, sehingga aku tau teknologi apa yang mereka gunakan, atau bagaimana cara mengelola produk mereka hingga sebesar produk mereka sekarang. Tidak spesifik “membongkar” dapur perusahaan sih, tapi paling tidak dapat garis besarnya.

      Semoga menjawab ya πŸ™‡β€β™‚οΈ

  17. Satria Satria

    Boleh tanya omrobbie?

    Saya tahun ini ikut daftar Apple Developer Academy di Binus. Saya nggak punya latar belakang teknologi. Nah untuk orang seperti saya, hal yang harus di persiapkan apa saja? Dan bisa sharing kisi-kisi untuk ujian tes masuknya seperti apa?

    • omrobbie omrobbie

      Selamat pagi Satria πŸ‘‹

      1. Boleh tanya? Tentu.
      2. Untuk yang bukan IT harus persiapkan apa? Walaupun bukan IT, sebaiknya mulai cari tahu tentang dasar logika dan algoritma, seperti kondisional, perulangan, dan lainnya. Cari tahu juga tentang dasar desain, seperti arti warna, emosi yang dibawanya. Juga tentang dasar-dasar bisnis.
      3. Ujian masuknya seperti apa? Kalau dulu sih cuma pilihan berganda, dan pertanyaannya seputar dasar coding, desain, dan bisnis. Tapi kalau sekarang kayaknya ada tambahan FGD (Focus Group Discussion) dimana kita diminta untuk menyelesaikan suatu permasalahan secara tim.

      Semoga lulus tahun ini ya πŸ™‡β€β™‚οΈ

  18. Satrio BY Satrio BY

    TPA di Apple Developer Academy itu seperti apa ya tesnya?

    • omrobbie omrobbie

      Selamat pagi Satrio πŸ‘‹

      TPA (Tes Potensi Akademik) di akademi seperti apa? Pertanyaannya seputar dasar coding, desain, dan bisnis.

      Semoga menjawab ya πŸ™‡β€β™‚οΈ

  19. Rendi irawan Rendi irawan

    omrobbie, untuk seluruh fasilitas yang di terima itu apa berlaku seterusnya? Atau beda-beda tiap tahun. Terutama untuk “uang transport”. Bukannya saya pengen ikut karna uangnya, tapi saya emang minus banget soal biaya. Apalagi tempatnya jauh, harus kos. Mau minta ke orangtua, malu. Saya dari Lampung, kuliah sambil kerja jadi staf tata usaha sekolah, gaji dibawah 500rb/bulan.

    • omrobbie omrobbie

      Selamat pagi Rendi πŸ‘‹

      1. Apakah seluruh fasilitas akan berlaku seterusnya? Berlaku selama kamu di akademei.
      2. Untuk “uang transport” apakah beda-beda tiap tahun? Setahu saya beda-beda tiap tahun, tergantung keputusan akademi. Mereka pasti punya pertimbangannya sendiri.
      3. Bukannya saya pengen ikut karena uangnya. Ini mindset yang bagus. Tetap semangat untuk belajar ya!
      4. Saya dari Lampung. Dan omrobbie dari Pekanbaru. Semangat!
      5. Gaji saya dibawah 500rb/bulan. Kamu percaya kalau rejeki sudah ada yang ngatur? Semangat!

      Semoga kamu berhasil mencapai cita-citamu ya, apapun itu πŸ’ͺ

  20. Nadira Nadira

    Hi omrobbie, saya sudah apply dan besok akan dimulai tes online-nya untuk Cohort 4 2021. Saya mau tanya kak, saya kan sekarang mahasiswa di suatu politeknik di Pulau Sumatera dan kebetulan saya akan magang perkuliahan di tahun 2021 selama 8 bulan, rencananya sih mau magang sekitaran Tangerang biar dekat dengan Apple Developer Academy. Nah, apakah memungkinkan saya magang sambil kita masuk ke Apple Develeoper Academy? (seandainya diterima) hehe.

    • omrobbie omrobbie

      Selamat pagi Nadira πŸ‘‹

      Saya akan magang selama 8 bulan, apakah memungkinkan magang sambil ikut akademi? Kalau seandainya kamu diterima, mungkin kamu bisa diskusi dengan pihak kampus dan menjadikan akademi ini sebagai bentuk magang. Atau kalau tidak bisa pun, alternatif untuk magang sambil ikut di akademi bisa dilakukan kalau masih ada kebijakan akademi secara remote.

      Semoga menjawab ya, dan semoga kamu diterima πŸ‘

  21. Wisnu Anggara Wisnu Anggara

    omrobbie, pas interview menggunakan Bahasa Indonesia atau Inggris ya?

    • omrobbie omrobbie

      Selamat pagi Wisnu πŸ‘‹

      Apakah saat interview menggunakan Bahasa Inggris? Kebetulan saya tidak melalui masa interview itu. Tapi harusnya iya. Mudah-mudahan kamu tidak gentar ya, karena nanti akan sering bertemu dan berdiskusi juga dengan orang dari negara yang berbeda-beda, baik saat sharing session maupun melalui chat group.

      PS: Bahasa Inggris saya tidak bagus-bagus amat.

      Semoga lulus ya interview-nya πŸ’ͺ

    • omrobbie omrobbie

      Selmat pagi Fajril πŸ‘‹

      Apakah disediakan Mess? Dulu sih tidak, tapi coba saya ditanyakan ke akademi. Atau kamu bisa share ke grup peserta yang lain, mana tau ada yang mau cari tempat tinggal bareng. Dulu kami pernah lakukan ini. Saya sendiri cari kosan yang dekat dengan akademi.

      Semoga menjawab ya πŸ™‡β€β™‚οΈ

  22. Tia Oktavia Tia Oktavia

    Hallo omrobbie, mau tanya nih.
    Soal tesnya, di-tes online kah?
    Orang yang ga punya latar belakang IT soal tesnya sama kayak orang yang expert di bidang IT?
    Kalo boleh tau, soalnya seputar IT, atau ada soal yang diluar hal tsb?

    • omrobbie omrobbie

      Halo juga Tia. Selamat pagi!

      1. Apakah tesnya online? Kalau dulu sih tidak. Jadi saya harus terbang dari Bali ke Tangerang hanya untuk beberapa menit duduk menghadap komputer dengan soal pilihan berganda, klik-klik-klik selelai, lalu pulang lagi ke Bali. Lumayan habisin biaya sih. Dan ini sempat saya tanyakan sama mentor di sana sebelum mulai tes. Dan kemungkinan Cohort selanjutnya akan menggunakan tes online.
      2. Apakan yang bukan IT akan dapat soal tes seperti Expert di IT? Tidak juga. Coba cari tahu tentang dasar pemrograman seperti logika dan algoritma.
      3. Apakah soalnya hanya seputar IT? Tidak. Soalnya di-mix antara dasar-dasar coding, desain, dan bisnis.

      Semoga menjawab ya πŸ™‡β€β™‚οΈ

  23. Frs Frs

    Setelah diterima, saya dengar ada waktu untuk develop aplikasi. Develop-nya ini per kelompok atau perorangan atau bebas boleh milih ya?

    • omrobbie omrobbie

      Hi Frs πŸ‘‹

      Saat final, develop aplikasinya per kelompok, perorangan, atau bebas? Bebas. Tapi kamu akan disarankan untuk mengerjakannya dengan tim. Karena tujuan awalnya kan kolaborasi.

      Semoga menjawab ya πŸ™‡β€β™‚οΈ

  24. Rhasyab Rhasyab

    Halo omrobbie! Terima kasih untuk artikelnya. Mau tanya, untuk interview-nya, apakah menggunakan Bahasa Inggris?

    • omrobbie omrobbie

      Selamat pagi Rhasyab πŸ‘‹

      Untuk interview apakah menggunakan Bahasa Inggris? Harusnya iya. Karena dari awal sudah pakai Bahasa Inggris kan? Terutama saat nulis Motivation Letter ke akademi.

      Semoga menjawab ya πŸ™‡β€β™‚οΈ

  25. febrina febrina

    omrobbie, belajar nya di sana apa tidak membosankan ya? Saya tidak terlalu mahir pemrograman, hanya saja bercita-cita menjadi programmer, apakah memungkinkan?

    • omrobbie omrobbie

      Selamat pagi Febrina πŸ‘‹

      Apakah di akademi nanti membosankan? Harusnya sih tidak. Kalau kamu merasa tidak mahir di coding, kamu masih bisa tukar peran koq. Kamu bisa jadi UI Designer, Product Owner, dan lainnya. Bereksperimenlah sebanyak mungkin, karena bisa saja di akademi ini kamu akan menemukan passion kamu sebenarnya.

      Semangat πŸ’ͺ

  26. tasya tasya

    Halo omrobbie, mau nanya dong!
    Tes tertulis untuk programming dan OOP-nya seperti apa ya? Soalnya aku bukan anak IT, ga ngerti tentang programming. Kira kira bisa ga ya di jawab orang awam?

    • omrobbie omrobbie

      Selamat pagi Tasya πŸ‘‹

      Apakah tes programming-nya bisa dijawab oleh orang awam? Harusnya bisa. Karena pertanyaannya seputar dasar logika saja.

      Semangat ya, dan semoga lulus tesnya πŸ’ͺ

  27. Laura Laura

    omrobbie, untuk tahap interview apakah menggunakan Bahasa Inggris? Interview apakah dilakukan 1-1 atau dalam group seperti FGD?

    • omrobbie omrobbie

      Selamat pagi Laura πŸ‘‹

      1. Apakah interview menggunakan Bahasa Inggris? Harusnya iya, sama seperti ketika menulis Motivation Letter.
      2. Apakah interview dilakukan secara berkelompok? Sepertinya nanti akan ada FGD (Focus Group Discussion), jadi siapkan diri kamu untuk memberikan solusi terbaik ke tim.

      Semoga menjawab ya πŸ™‡β€β™‚οΈ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2014 All rights reserved.